unnur@unnur.ac.id (022) 6034484

Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika menyelenggarkan Seminar “Perkembangan Machine Learning di Era Industri 4.0”

Pada hari Kamis, 27 Februari 2020,  Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika Universitas Nurtanio Bandung menyelenggarakan kegiatan Seminar dengan topik “Perkembangan Machine Learning di Era Industri 4.0” dengan narasumber bapak Dr. Hilman F Pardede, S.T., MEICT. dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bandung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FIKI bapak Gunawan, M.Sc., Wakil Dekan I FIKI ibu Nopi Ramsari, M.T., para dosen, dan mahasiswa program studi Informatika.  Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan pemberian sambutan oleh Dekan FIKI.

Machine learning adalah cabang aplikasi dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar “sendiri” tanpa harus berulang kali di program oleh manusia. Aplikasi Machine learning membutuhkan Data sebagai bahan belajar (training) sebelum mengeluarkan output. Aplikasi sejenis ini juga biasanya berada dalam domain spesifik alias tidak bisa diterapkan secara general untuk semua permasalahan. Sebagai contoh: Aplikasi Pengenalan Gambar, Aplikasi Asisten pribadi seperti Siri, Google dll, Chat Bot, Pengenal Wajah, Mobil otonom dan domain-domain spesifik lainnya.

Seminar ini mendapatkan perhatian yang cukup menarik dari mahasiswa, hal ini bisa dilihat dari beberpa pertanyaan yang muncul seperti apakah di masa mendatang kecerdasan buatan akan mengalahkan kecerdasan manusia.

Secured By miniOrange